Ukuran–Ukuran Utama kapal adalah untuk menentukan ukuran besar kecilnya
kapal. Seperti panjang, lebar maupun tinggi. Terdiri dari
singkatan–singkatan dan arti tertentu walaupun menggunakan
istilah–istilah bahasa inggris
1. Panjang Kapal / L = Length
• LOA (Length Over All) adalah panjang keseluruhan dari kapal yang diukur dari ujung haluan hingga buritan
•
LBP (Length Between Perpendicular) adalah panjang antara kedua garis
tegak burutan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat
•
AP (After Perpendicular) adalah garis tegak buritan yang diukur
melalui linggi kemudi. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi maka
diukur pada garis sumbu poros kemudi
• FP (Fore Perpendicular)
adalah garis tegak yang dibuat melalui perpotongan antara linggi haluan
dengan garis air muat, sarat air kadang–kadang diukur dalam dua keadaan
yaitu pada keadaan kapal penuh muatan dan kapal pada keadaan kosong
•
LWL (Length of Water Line) adalah jarak mendatar antara kedua ujung
garis muat yang diukur dari titik potong dengan linggi haluan sampai
dengan titik perpotongan dengan linggi buritan, diukur pada bagian luar
linggi depan dan linggi belakang. Jadi tidak termasuk tebal kulit
lambung
• LC (Length of The Carene) adalah panjang maksimum
draft / sarat kapal yang diukur pada karis air muat, termasuk kulit luar
lambung kapal. Adalah panjang yang dijadikan asumsi untuk mengisi
carane / badan kapal yang tercelup air
2. Lebar Kapal / B = Breath
•
Blmd (Breath Moulded) adalah lebar yang direncanakan, adalah jarak
mendatar antar gading tengah sebelah kanan dengan gading tengah sebelah
kiri kapal yang diukur pada bagian luar gading
• Bwl (Breath at The Water Line) adalah lebar yang terbesar pada garis muat
•
Boa (Breath Over All) adalah lebar terbesar dari kapal, yang diukur
dari kulit lambung kapal di samping kiri sampai kulit lambung kapal di
sampaing kanan. Jika ada bagian geladak yang menonjol keluar , sampai
melampaui lambung kapal maka yang dipakai adalah adalah [B max] adalah
lebar geladak yang dimaksud
3. Tinggi Kapal / H = Depth
•
Depth adalah tinggi kapal yang dihitung dari jarak tegak dari garis
dasar sampai garis geladakterendah di tepi, diukur ditengah–tengah kapal
(Midship)
• [D max] adalah tinggi terbesar dari lambung kapal
yang terendam didalam air yang diukur daris garis air muat sampai
bagian yang terendah pada saat even keel / sarat rata maka sarat kapal
berlaku untuk seluruh panjang kapal. Pada saat kapal trim / beban tidak
rata maka ada beberapa sarat
4. Sarat Kapal / T = Draught
• Draught adalah sarat kapal yang diukur dari garis dasar sampai garis air muat
•
[T max] adalah tinggi terbesar dari lambung kapal yang terendam di
dalam air yang diukur daris garis air muat sampai bagian yang terendah
pada saat even keel / sarat rata maka sarat kapal berlaku untuk seluruh
panjang kapal. Pada saat kapal trim / beban tidak rata maka ada beberapa
sarat